Bersenang-senang di Canon Semarang Photo Marathon 2015

Ini merupakan kali pertamanya, aku diajakin bikin event foto khusus untuk pelajar dan mahasiswa oleh salah satu senior foto yang kebetulan dulu pernah satu kantor di perusahaan media terbesar di Semarang, Suara Merdeka Network. Awalnya memang agak berat juga sih, mengingat yang diajakin untuk menggarap event ini malah kebanyakan senior-senior foto, tapi it’s oke lah .. ga ada salahnya mencoba :D.

Langkah pertama adalah menyusun semua materi promo dan semua harus seperti apa coba ? ada yang tahu ??

Hmmm … semua harus hemat !! mengingat ini masih dini, dan belum ada sponsor yang masuk, apalagi peserta. Oh iya, bahkan pertemuan pertama yang digarap di salah satu resto berinisial r o d j o itu pun masuk ke pengeluaran, jadiiiii anggaran di minggu pertama minus kakaak :D. Pendaftaran untuk acara ini pun, harus bisa mengakomodir secara online dan offline, aku pikir pendaftaran online cukup melalui jejaring sosial saja, eh lha kok ternyata malah disuruh bikin website segala, dan belum ada anggarannya pulak. Sampai akhirnya, isenglah bikin web pendaftaran menggunakan layanan free, dan sampai akhirnya terbentuklah web www.cspm2015.tk yang khususon untuk pendaftaran dan konfirmasi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan namanya juga pelajar dan mahasiwa, kebanyakan diantara mereka ketika mendaftar, gak pernah mengikuti petunjuk dari yang telah diterapkan di informasi yang tertuang jelas di website. Kebanyakan, cuman mendaftar dan transfer belakangan, bahkan ada yang sudah mengisi form, tapi gak mau konfirmasi dan tau-tau udah transfer. Lumayan bikin kerepotan untuk yang mengurusi pendaftaran.

Untuk pendaftaran offline nya sih tinggal membuka rekanan sebagai tempat pendaftaran, tapi untuk lebih mempopulerkan acara ini, beberapa senior melakukan roadshow ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus. Dan hasilnya ada yang mendaftar sedikit demi sedikit, yang lama-lama menjadi bukit #halah. Eh minggu-minggu pertama kita cukup mayan stress lho gaes … yang daftar baru seratus dari target kita yang 700an peserta. Bahkan dari pihak sponsor besarpun, hampir menutup diangka 300 peserta, karena semua terkait dengan pemesanan kaos untuk peserta. Akan tetapi, dari panitia pun meminta supaya jangan ditutup angka segitu.  Alhamdulillah, di pendaftaran terakhir, nembus juga target 750 peserta, bahkan jebol. Jebol yaa karena tadi itu, peserta yang daftar online tapi transfernya belakangan, dan baru konfirmasi. 😀

Persiapan sebelum hari H terkondisikan, dan aku pun dipasrahin untuk sesi acara, yang artinya aku harus bisa memadatkan acara yang terdiri dari pembukaan, lomba foto bertema, hiburan dan hunting foto, penjurian foto yang harus kelar hari itu juga, workshop fotografi, dan pengumuman pemenang foto. Selain itu, kondisi-kondisi prediksi lapangan juga sudah diantisipasi, tinggal nanti improvisasi saja di lapangan hehehe, karena bagaimanapun juga, manusia ini tempatnya lupa dan salah, jadi harus kreatif dikitlah buat antisipasi di lapangan.

Lak tenan to ! di hari H (10 Mei 2015), akupun telat sejam, alias ketiduran 😀

Untungnya acara baru registrasi, yang lumayan panjang antriannya. Sesampainya di lokasi, semua kebutuhan dicek, dan ternyata fotokopian peraturan lomba dan jadual yang sudah aku fotokopi sebanyak 1000 eks itu belum dibagi, arrgh … akhirnya aku ama temen-temen yang nganggur spontan bagi-bagi kertas tersebut di kerumanan orang berkaos merah dan topi merah.

DSC00351

Acara pembukaan dimulai dengan iringan marching band Wira Amur Pusdik Penerbad A. Yani Semarang. Sontak para peserta mulai mendokumentasikan atraksi dari marching band tersebut dari berbagai penjuru.

DSC00365

Kemudian acara sambutan-sambutan, yang sayangnya mas Hendi (Walikota Semarang) berhalangan hadir, diwakilkan ama perwakilan dari pemkot Semarang, sambutan panita dan dari Canon Indonesia.

Pembukan secara simbolis dengan menabuh senar drum secara bersama-sama dari semua pihak, meliputi sponsor, pemkot, dan para tamu undangan. Dan lihat ! setelah itu apaan coba ?

foto bareeeeeng !!!!

DSC00369
yeaaay … we’re on CSPM 2015 Semarang !!!

So much fun ! dan bangeeet…bangeetttt menyenangkan. Ini merupakan rekor terbaru dari acara foto yang biasa kita bikin, dulu pernah bikin paling mentok sampai 450an peserta umum. Dan kali ini 810 orang terdaftarrrrr … yeaay ! Dan semua kota di Pulau Jawa merata, bahkan ada peserta terdaftar yang dari Bali. Panitianya emang kereeeen ! dan akunya ganteng.

Namanya ngurusin acara yaa gitulah, harus mondar-mandir dan tanggap kalo semisal ada kekurangan, dan cakap ketika ngeles ada masalah :D. Ada tuh, insiden kecil yang kurang komunikasi, tapi awalnya kekeliruan aku juga sih ketika mengkopas skedul kasar ke dalam peraturan yang berbeda dengan skedul khusus untuk panitia. Hampir saja, marching band mau pulang, gegara mendapati tulisan mereka perform satu kali, padahal di rundown panitia, mereka main lagi di sesi hunting foto. Akhirnya, mereka memaklumi atas kekeliruan tersebut.

DSC00385
marching band Wira Amur Pusdik Penerbad A. Yani Semarang

Begitu para peserta selesai dari hunting foto bertema Semarangku (untuk para pelajar) dan Tertib (untuk para mahasiswa), mereka segera mengumpulkan filenya.

Melangkahlah ke sesi hiburan, dan hiburan tersebut diawali dengan atraksi marching band Wira Amur Pusdik Penerbad A. Yani Semarang. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto model casual dan kostum Semarang Night Carnival.

DSC00398

Selanjutnya ada pertunjukkan dari kesenian Jathilan yang dipersembahkan oleh Kabupaten Kendal, Semarang. Yang bikin harus improvisasi sewaktu acara hiburan yaitu, membolak-balikkan waktu untuk tampilnya para talent. Apalagi kesenian Jathilan ini, yang dateng bertruk-truk dan masih membutuhkan waktu untuk merias wajahnya. Lumayan bikin pucing pala plins 😀

DSC00416

Sayangnya, hiburan yang bening-bening gini malah ditonton oleh pengunjung acara sebelah 🙁 karena ada miskom antara panitia, tenan dan talen 😀 tapi tak apalah …

DSC00438
duh mbak … aku kesengsem 😀

Acara kemudian dipindahkan ke sesi workshop, yang berada di aula dibelakang ruang Walikota Semarang. Semua peserta hening, tampak memperhatikan sesi workshop yang kali itu diisi oleh Misbachul Munir tentang motivasi mengikuti lomba foto dan tips triknya, kemudian dilanjut oleh NurSanto yang sharing tentang foto makro.

Di acara ini juga diisi sosialisasi dari panitia Salon Foto Indonesia 2015, yang nantinya bakal diselenggarakan di Kota Semarang.

Para peserta di sesi ini cukup terhibur oleh MC yang saat itu dipandu oleh Koh Romo dan Brigit. Saking baik hatinya, koh Romo ini membagi-bagikan vocer dari Dafam Semarang lewat kuis yang lucu-lucu.

DSC00430
Koh Romo yang lagi mengawal di sesi workshop

 

Sampai akhirnya, acara ini ditutup dengan penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba foto marathon. Banyak sekali hal-hal yang tidak kita duga, terutama untuk para pemenangnya. Kadang yang namanya lomba, yang dibutuhkan itu keberuntungan, keberuntungan dapat ide yang beda dan keberuntungan fotonya masuk juara.

Alhamdulillaah …

Semua berjalan dengan sangat baik dan lancar meski rundown yang aku bawa hilang entah kemana. Tim panitia yang sangat tanggap! sponsor yang sangat luar biasa Canon Indonesia, Hotel Dafam Semarang, Suara Merdeka, Bank BTN, myphotoclub dan sponsor-sponsor lainnya.

DSC00462
Tim Panitia (berseragam Canon) dan teman

Panitia ini sangat luar biasa !

tak lupa nih, mau nyampein sesuatu foto sudah kekinian belum diantara crowd gitu  😀

DSC00374
akunya kamu, sudah kekinian belum ? :*

 

 

 

salam manis,

[H]Yudee

One Reply to “Bersenang-senang di Canon Semarang Photo Marathon 2015”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *