Blogger Kerja Bersama-sama Kerja di #FlashBlogging Kominfo

Pagi itu cerah sekali, langitnya biru tanggalnya sih 13 Juli 2017 biar kerasa kayak media-media yang inget tanggal acaranya. Dan pada hari itu pun ga seperti hari-hari biasanya, bangunnya kesiangan ๐Ÿ™ maksudnya sih, biasanya bangun pagi kalo ada acara pagi, eh ternyata hari itu beda, mungkin lelah semalemnya :)) #GCL #GenerasiCepatLelah.

Pagi itu, aku hadir di acara yang lumayan serius untuk judulnya, tapi melihat dari pengisinya yaitu Ndorokakung, yaa aku anggapnya pasti fun. Tapi yaa tetep serius juga sih, karena ada ranah dari Keminfo. Judulnya aja “Menuju 72 Tahun RI, Kerja Bersama-sama Kerja”.
#flashblogging
#PerppuOrmasRawatNKRI

Bahasan pertama dalam acara tersebut adalah “Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara”. Sempet ada gimmick siapa yang bisa membahasa jawakan Pancasila, dan ternyata ga ada yg bisa :))) . Bahasan mengenai Pancasila ini seperti kita bernostalgia ketika sekolah, SD SMP SMA di mata pelajaran PMP atau PPKN, duh ketahuan jadi #cahlawas nih :D.ย 

Seru juga pembahasan mengenai Pancasila dan membahas tentang kenegaraan. Ternyata pada jaman sekarang sepertinya kita mengalami kemunduran dalam berPancasila, seperti misalnya dalam hal agama. Keberagaman agama di Negara Indonesia makin lama makin sering adanya pergesekan bahkan sempat ada isu untuk mengubah tatanan negara. Nah dari situlah, pentingnya kita mulai intropeksi lagi terhadap dasar negara kita dan menjaganya supaya negara ini damai dan tenteram.

Bahasan kedua lebih menarik lagi, karena diisi oleh Ndorokakung, ini adalah tokoh senior di dunia per bloggeran nih. Jadi pasti banyak sekali insight-insight yang akan didapatkan ketika ngobrol dengan beliau ๐Ÿ™‚

Kali ini akan membahas mengenai “Membangun Blog”.
Simpel sekali sih membangun blog gitu, tapi didalamnya mengandung banyak ilmu dan masukan-masukan yang sering kita lupakan ketika ngeblog.

Ndoro sempet menyinggung latar belakang kejadian akhir-akhir ini yang dilanda oleh negara kita tercinta. Indonesia sedang mengalami era post truth dimana yang salah bisa dianggap benar dan sebaliknya, yang benar bisa dikatakan salah, dan opini masyarakat terbesar nantinya akan bisa menggiring suatu issue itu benar atau salah. Nah disinilah peran para blogger atau netizen untuk setidaknya bisa mengimbangi pemberitaan yang keliru atau memberikan pencerahan secara mendalam. Dan untuk itu, ada sedikit review dari Ndorokakung ketika menjadi blogger itu harus bagaimana.

Yang pertama adalah membuat konten digital yang menarik lewat visual. Visual disini bisa dalam bentuk infografis, foto, video dan lain sebagainya. Blog yang berupa tulisan akan menjadi lebih menarik ketika didukung oleh sebuah visual yang bagus dan indah.

Kedua, konsisten dan unik. Menjaga konsisten itu sangat sulit, jadi dibutuhkan effort tersendiri untuk membangun konsistensi dalam menulis. Dan keunikan itu perlu, supaya kedepan harapannya ada brand yang melirik dan bisa menjadi endorse an dari brand tersebut, itu nantinya lho yaa ๐Ÿ™‚

Ketiga adalah mencari ide. Ini berkaitan dengan point kedua tadi supaya bisa konsisten pasti membutuhkan ide untuk diolah menjadi sebuah konten yang menarik. Nah, dalam hal ini kita harus bisa membuka pikiran kita secara luas, kepekaan terhadap lingkungan sekitar itu pun bisa menjadi sebuah ide yang menarik.

Keempat adalah mengelola waktu. Penting banget nih mengelola waktu supaya tenang dalam membuat konten tulisan atau visual. Pengelolaan waktu yang baik akan menjadikan kebiasaan yang baik juga, sehingga akan lebih teratur dalam menulis blog.

Setelah keempat tips dari disampaikan, saatnya untuk memasarkan blog secara lebih serius lagi. Diantaranya kita harus bisa mengembangkan ke dalam kanal lain seperti media sosial (facebook, twitter, instagram dan youtube).
Menciptakan engagement danย berinteraksi terhadap follower/audiens /pembacanya. Ini sangat perlu sekali, karena interaksi akan lebih meningkatkan ketertarikan pembacanya untuk lebih mengikuti konten yang kita buat. Selanjutnya adalah memberikan solusi ketika para pembaca itu memberikan suatu pertanyaan kepada kita. Dan yang terakhir, jangan sungka untuk mengkurasi konten/blogger lain yang relevan atau mempopulerkan orang lain dalam konten kita, karena dengan mempopulerkan orang lain nantinya juga akan bisa mendongkrak kepopuleran kita sendiri.
Terkadang kita lupa kalau kita pernah menulis tentang sesuatu yang pada era sekarang ada perubahan yang sangat bagus, nah disitulah kita juga bisa merepost lagi supaya konten menjadi awet, sehingga konten yang kita buat akan benar-benar memberikan manfaat yang sangat baik ke pembacanya.

Nah itulah yang menarik dari acara kali ini, dan yang menariknya lagi, pas jam istirahat kita didatangi oleh Menteri lho, yaitu Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Beliau sempet memberikan masukan supaya teman-teman blogger ini setidaknya bisa membantu untuk mensosialisasikan apa yang dikerjakan oleh Pemerintah, seperti Perpu No 2 thn 2017 tentang ormas yang lagi hangat dibicarakan di media sosial. Dan beliau pun membuka tangan lebar kalau semisalnya ada netizen yang mau mewawancarai beliau, supaya bahan tulisannya dari para blogger ini bisa lebih berbobot dan berkualitas.

 

 

 

4 Replies to “Blogger Kerja Bersama-sama Kerja di #FlashBlogging Kominfo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *