Dialog Bareng Gubernur Ganjar Pranowo

Perkembangan social media beberapa tahun terakhir ini masih bisa dikatakan cukup meningkat. Lewat jejaring ini seperti blog, twitter, facebook, forum dan lain sebagainya, informasi bisa dengan cepat menyebar dan mudah ditangkap oleh para pengguna smartphone. Dengan adanya social media ini, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya suatu pergerakan di dunia virtual, yang impactnya bisa berakibat positif dan negatif, tergantung dari tujuan dari sebuah pergerakan tersebut. Melihat perkembangan itu, Gubernur Jawa Tengah Bp Ganjar Pranowo mengundang kita selaku aktivis-aktivis di dunia online ini untuk berdialog langsung dengan beliau di Gubernuran Gedung A lantai 2, Jalan Pahlawan Semarang.

DSC05536

Perwakilan dari kurang lebih 20an kota di Jawa Tengah hadir di acara tersebut, kecuali Solo Raya yang tidak hadir di acara tersebut.

Antusiasme temen-temen sangat luar biasa, mereka datang tidak hanya dengan tangan hampa. Mereka datang dengan membawa amanat dan curhatan dari warga tempat mereka mengelola akun tersebut. Sebelumnya, Gubernur menyampaikan beberapa informasi yang terkait dengan pergerakan di social media. Diantaranya keprihatinannya terhadap salah satu anak dari Pati yang bernama Ani Sugiarti (14thn) yang menderita kanker di pundak lengannya yang sudah membesar, dan harus segera dilakukan perawatan secara intensif. Dengan adanya mention yang masuk ke akun twitternya, dengan sigap Gubernur meminta tolong Bupatinya untuk membantu orang tersebut. Dan akhirnya pun, Ani segera diboyong ke RS Karyadi Semarang untuk segera dilakukan perawatan secara intensif.

Selain itu, pergerakan #SaveSatinah juga mendapatkan perhatian dari Gubernur langsung. Satinah yang merupakan TKI asal Semarang yang bekerja di Arab ini akan dipancung di Arab Saudi, dan dengan adanya nego politik dengan Indonesia akhirnya ditunda sampai akhirnya akan dibebaskan kalo Satinah ini membayar uang diyad (ganti rugi kematian) sejumlah 21 milyar. Dengan adanya informasi ini, Gubernur bergerak dengan mengumpulkan dana dari masyarakat lewat akun twitternya, dengan mencantumkan no rekening yang dibuat oleh pihak Gubernur. Dan sampai saat ini baru terkumpul seratus sekian juta.

DSC05539

Dengan adanya pergerakan semacam itu, beliau menyimpulkan bahwa social media ini mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa ketika kita bisa memaksimalkannya dengan baik dan positif. Harapannya, dengan adanya media ini, bisa juga membantu pengawasan langsung di daerah-daerah di Jawa Tengah melalui media tersebut.

Dalam dialog bareng tersebut, beberapa akun di daerah-daerah mengungkapkan beberapa permasalahan yang dihadapinya, karena ‘mumpung’ ketemu dengan Gubernur, harapannya semoga masalah didaerahnya masing-masing akan segera ditindaklanjuti oleh Gubernur. Diantaranya mengenai infrastruktur yang masih lamban, pendidikan dan wisata. Dan semua uneg-uneg dari beberapa daerah itupun ditanggapinya secara langsung, tinggal untuk beberapa hal yang terkait masalah besar, masih menunggu proses dari pusat.

DSC_9153
sumber foto bareng dari @humasjateng

Terima kasih Pak Ganjar atas waktu dan masukannya, dan terima kasih buat semua jajaran tim Ganjar Pranowo (Relawan Garuda) yang membantu mendekatkan dengan Gubernur. Sore itu merupakan pertemuan yang sangat luar biasa dan semoga bisa menjadikan manfaat bagi kita semua yang hadir pada saat itu.

Dan tak lupa selalu foto bareng, ketika acara selesai.

 

 

salam manis,

[H]Yudee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *