Drive Test Jaringan 4G LTE Smartfren di Semarang

Kalo mau terus terang, smartphone yg berlabel andromax keluaran Smartfren ini sudah menjadi sahabat beberapa tahun yang lalu sampai sekarang. Ada cerita yang lucu sebenernya di balik henpon ini.

Saat itu aku masih kerja di salah satu media, dan pada dulu hingga saat itu aku punya prinsip gak usah neko-neko punya smartphone, ntar tagihan makin mbengkak dan henpon semakin banyak. Pikirku, yang namanya online itu tetap paling nyaman yaa dengan menggunakan laptop. Sampai suatu saat, kantor punya acara awarding yang sponsor besarnya adalah Smartfren itu sendiri, dan tau sendirilah dari acara itu membuahkan puluhan smartphone sebagai barter. Karena Manager saat itu menawarkan tawaran yang menarik untuk memiliki salah satu smartphone tersebut, gak ada salahnya dong aku ambil satu untuk iseng-iseng aja.

Nah, dari asal iseng-iseng itu pun mulai berlanjut sampai sekarang. Kira-kira saat itu tahun 2012, sampai sekarang aku mengganti smartphone tersebut sudah 3 kali. Andro pada saat itu menjadi handphone yang sangat oke punya, kemudian aku apgred ke Andro 4, dan begitu ada tawaran promo dari Smartfren tentang Andromax G2, aku pun iseng beralih ke seri terbaru tersebut. Itu pun lewat temen syantik yang kerja di tempat tersebut πŸ˜€ .

Nah seperti itulah sekilas cerita awal kenapa aku pake ploduk-ploduk smartfren πŸ˜€

Kemudian, suatu ketika telpon berdering dan ternyata ada ajakan untuk test drive dari smartfren Jakarta. Waah, bakalan kereen nih dapet pengalaman baru lagi tentang jaringan yang lebih kwenceng, 4G LTE.Β Mau tahu tentang apa itu 4G LTE ? coba deh simak bentar penjelasan secara syantik oleh mbak Kara.

Dan pagi itu pun kita mendapatkan kehormatan untuk mengunboxing sebuah gadget keluaran terbaru dari Smartfren yaitu Andromax Q, dan itu artinya, nanti kita akan mencoba secara langsung hasil dari jaringan 4G LTE ini di beberapa wilayah di kota Semarang ini dengan perangkat yang kita pegang sendiri.

DSC00861
bareng-bareng temen blogger Semarang unboxing Smartfren Andromax Q … #GoForIt #Go4GSMG

Sebelum kita melakukan tes drive jaringan 4G LTE di kota Semarang, akupun mempersiapkan beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk mencoba seberapa oke nya jaringan tersebut, diantaranya beberapa diantaranya adalah speedtest, youtube. Speedtest supaya kita bisa tahu seberapa kenceng jaringan secara pengukurannya, dan Youtube untuk tahu apakah dengan koneksi tersebut kita masih menemukan buffering yang mengganggu atau gak.

Dan perjalanan pun dimulai, kita semua berada dalam sebuah bus besar yang sangat nyaman sekali dengan tujuan pertama adalah SMP Sultan Agung. Dan kita akan menyaksikan sebentar aksi CSR yang digelar oleh Smartfren di sekolah ini.

DSC00872

Di sekolah ini, Smartfren memberikan workshop dan pengetahuan singkat tentang Internet Cerdas untuk Pendidikan, dengan tujuan untuk memaksimalkan smartphone dan teknologi baru 4G LTE dalam menunjang dunia pendidikan, bahwasanya generasi sekarang ini harus cerdas memaksimalkan teknologi secara positif yang dimulai dari gurunya sendiri sebagai pengajarnya. Di sekolah ini sempet ngecek speedtest, dan aku dapati koneksinya mencapai 27 Mbps πŸ˜€ cukup mengagetkan ternyata koneksi bisa sekenceng itu hahaha..

tes 27mbps

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan mengetes jaringan 4G LTE dengan berjalan menuju tol Krapyak. Dalam perjalanan, kita pun diberi pemberitahuan sebentar oleh pak Munir bahwa saat ini sedang ada optimasi di beberapa tempat, jadi seandainya hasilnya kurang maksimal yaa mohon dimaklumi.

DSC00878
sempetin wefie di tengah-tengah kesibukan ngecek kecepatan jaringan 4G LTE #GoForIt #Go4it #Go4GSMG

Selama perjalanan, didalam bus kita pun disibukkan dengan gadget masing-masing. Aku mencoba mengetes jaringan di beberapa tempat yang dilewati saat menuju tol, dan so far tidak ada masalah dengan koneksi stabil diatas 10 Mbps, itupun diselingi dengan membuka youtube seperti lagu-lagu korea (seperti biasa) kemudian konser seperti Tommorowland di Belgia dan lain sebagainya, dan hasilnya lancar jaya tanpa buffering πŸ˜€ . Begitu memasuki tol, aku pun sempat mencoba tes kecepatan jaringan lagi dan masih oke pula, dan hanya di beberapa titik sempet rendah sekali, tapi hanya tempat itu dan kemudian signal pun normal kembali ke jaringan LTE.

Perjalanan pun berakhir di Candi View, dan disitu kita istirahat sambil ngemil-ngemil sore sembari bercerita tentang hasilnya selama diperjalanan tadi. KemudianΒ ada beberapa review jaringan oleh pak MunirΒ S.P., selaku Head of Network Special Project Smartfren.

Coverage 4G LTE Advance Smartfren Semarang City

Sebelum dijelaskan lebih detail mengenai hasil jaringan oleh pak Munir, beliau sempet bertanya,

” Apakah ada yang mengalami buffering ? ”Β 

sempat slam mengacungkan tangannya,Β slam mengalami buffering ketika jaringan tidak mencapai 4G alias 3G. Jadi sudah dipastikan terjadi buffering ketika jaringan menurun ke 3G, itu yang ditegaskan oleh pak Munir kepada para peserta testdrive. Secara singkat, beliau menjelaskan bahwa bisa dipastikan kalau jaringan mencapai 4G akan sangat mustahil mengalami buffering. Itulah salah satu keuntungan ketika menggunakan jaringan 4G LTE. Selain itu, kita bisa menggunakan fasilitas video call dan main game online tanpa mengalami lag. Untuk menikmati fasilitas ini, Smartfren memberikan harga paket yang tidak terlalu mahal dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Dan enaknya lagi, paket tersebut bisa di custom dengan sms dan telfon melalui aplikasi my smartfren yang terinstal dalam perangkat tersebut.

DSC00897

 

Dan selesailah acara testdrive jaringan 4G LTE Smartfren kali ini. Aku pun cukup puas dengan pengalaman kali ini, sesampai di rumah, iseng-iseng aku coba test jaringan di rumah yang konon dilindungi oleh berbagai dataran tinggi yang menjadi musuh utama jaringan. Dan hasilnya pun bikin kaget, 12 Mbps untuk daerah Lempongsari πŸ˜€ secara mutlak mengalahkan koneksi yang selama aku pakai dengan menggunakan jaringan telepon yang 4 Mbps itu.

Terima kasih Smartfren, #GoForIt #Go4it #Go4GSMG !

 

 

 

salam manis,

[H]Yudee

 

 

11 Replies to “Drive Test Jaringan 4G LTE Smartfren di Semarang”

  1. klo daerah lamper gmana y yg dkt makro majapahit? soalnya smua operator prh saya coba kcuali yg pake kabel telpon sinyalnya jd payah, padahal lokasi pinggir jalan besar..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *