#eh Ada MPR RI Netizen Gathering

Sebenernya, ini merupakan kegembiraan tersendiri sih, ketika mendapatkan sebuah undangan gathering bersama blogger-blogger yang berasal dari berbagai macam daerah. Terlebih lagi yang mengundang acara tersebut adalah MPR RI, aku bisa apa coba ?

MPR RI yang merupakan sebuah lembaga resmi / lembaga tinggi negara kok tumben-tumbennya mengundang para blogger ini berkumpul, ada apakah ? nah to, penasaran kan ??

Awalnya, info gathering tersebut datang lewat link yang dishare oleh temen HelloSemarang dan kusambutlah dengan iseng ikutan mengisi link tersebut yang nantinya akan dipilihin lagi dari panitia acara yang kemudian akan diberi pemberitahuan secara personal lewat email, dan akhirnya akupun masuk menjadi salah satu yang diundang .. yeaay … hehehe …

Dari obrolan temen-temen, menjadi sebuah bahasan bahwasanya nantinya akan membahas mengenai 4 pilar kebangsaan. Dari situ aku pun makin penasaran, apa sih 4 pilar kebangsaan tersebut ? sampai akhirnya kepada mbah pun aku mencari tahu, dan sepertinya acara tersebut merupakan rangkaian sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan yang diadakan oleh humas MPR RI.

Acara gathering tersebut diselenggarakan di kota Solo, kalo dari Semarang bisa dibilang jauh sih karena menggunakan angkutan umum bernama Joglosemar, mungkin karena ada istilahnya semar, jadi jalannya pelan kayak Semar 😀 .

Sesampainya di kota Solo, kita dikumpulkan di Lor In Resort Hotel dan di hari pertama, sore itu kita dipersilahkan untuk istirahat dulu akan tetapi sebelumnya kita daftar ulang sambil dibagikan tas dan kaos yang kereen dan juga jadual acara.

IMG-20151121-WA0030

foto bareng dulu setelah acara malam

Jadual hari pertama adalah makan malam dan perkenalan atau nyari kenalan. Berhubung akunya ini rada pemalu, yaa dapetnya dikit yang kenalan hehe. Sampai akhirnya ada yang ngomentari karena suaraku yang medhok banget gitu, dan ternyata komentator itu adalah salah satu dari humas MPR-RI yang asli Semarang, lha dalaah :))

Malam itu cukup menyenangkan melihat teman-teman blogger yang datang dengan wajah sumringah, cerah, bahagia sampai tidak menampakkan kecapekannya selama perjalanan menuju lokasi. Mereka pun beragam asalnya, ada yang dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Madura, Bojonegoro, Makasar, Yogyakarta, Solo dan aku dari Semarang :D.

Melihat kaos dan nama acara, aku pun sempat berpikiran kalo nanti bakalan serius nih acaranya, cuman touring dalam kota yang terlihat menghibur dan santai.

Tapi…ternyata dugaanku salah gaes 😀

Okelah, nama acaranya pleno I dan kita diberi bahas dasar-dasar tentang UU dan lain sebagainya yang bikin pucing pala prins gitu sih. Tapi ketika memasuki ruangan yang telah dibagi menjadi 2 kelompok, akhirnya kita tahu bahwa acara tersebut semacam brainstorming tentang sosialisasi 4 pilar di mata netizen.

Dan herannya, kenapa sih kok yaa aku yang jadi memimpin rapatnya ? yaa resiko sih yaa, kalo aku yang didepan jadinya gak begitu serius-serius amat hehe…

Pengalaman banget nih yaa, ketika awal mula aku harus berkenalan dan pengen tahu sejauh mana temen-temen ini mempunyai pengalaman di dunia medsos, tiba-tiba dapet masukan bahwa kalo rapat itu harus serius dan mulai menentukan standar rapat seperti brand, targeting, positioning, market and segment, belum lagi SWOT dan semacam itu. Jadi yaa antara geli dan resah sih sebenernya, tapi yaa gapapa sih karena tiap orang punya karakter sendiri-sendiri, jadi dari situ kita bisa tahu dan bagaimana caranya untuk menyatukan supaya bisa menjadi kelompok yang kompak dan berani bertukar pikiran demi kekompakkan grup. So much fun … 😀

IMG-20151121-WA0055 res

Grup 2 yang ruangannya jauh dari yg diduga 😀

Dan ternyata, grup ini paling lama sendiri untuk rapatnya hehehe … Kelompok 1 udah kelar jam 11an, sedangkan kita baru kelar jam 12.15an kurang lebih, karena saking serunya membahas tentang media yang paling hits dipakai dikalangan anak muda dengan berbagai macam masukan yang seru-seru. Dan itu pun belum kelar sodara-sodara, karena hasil rapat tadi harus dijabarkan ke dalam sebuah presentasi, jadi ada kesepakatan untuk kerja bareng lagi membuat materi presentasi di malah harinya 😀

***

Setelah jadual makan siang, kita pun diberi waktu untuk istirahat sekitar sejam an gitulah, sampai ada panggilan berkumpul lagi di lobby untuk city tour de Surakarta 😀 ..

Dan berangkatlah kita menuju keraton Surakarta…

Sesampainya disana, kita disambut sangat unik oleh para penjaga. Berulang kali kita disebut sebagai rombongan tamu kehormatan setelah dari pihak keraton menerima tamu spesial dari Malaysia. #warbiyasak yaa gaes :D. Dan sepertinya bukan kita yang kekinian nih, tiap kali ada kesempatan selalu ber #groupfie (#selfie berjama’ah) 😀

IMG-20151121-WA0080 res

tuh kaaan …. ini semua karena Rian yang selalu bawa tongsis dan kamera mirrorlessnya :p

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke tempat batik-batik di daerah Laweyan. Tahu sendiri kan kalo batik asli itu mahal, maka aku pun memutuskan untuk tongkrong di posko yang ada tvnya di dekat parkiran mobil rombongan. Lumayan lah, daripada lu manyun ngliatin batik-batik asli yang sumpe kereennya tapi mau beli itu berat sekali :D. Dan waktupun menjelang sore trus saatnya kembali ke hotel. Dan you know what ? kita tidak langsung ke hotel, melainkan makan malam di luar sambil olah vokal yang diiringi oleh orjen tunggal dengan mbak vokalis idamannya daeng Ipul  hehehe…

Malam itu berlangsung meriah dengan makanan yang beragam dan sangat menyenangkan. Cukup oke jugak buat perbaikan gizi sih sebenernya, karena komplit njerit semua makanan dari pembuka, makanan utama sampai pencuci mulut (selain tisu). Belum lagi dengan suara-suara temen-temen yang lagi ndangdutan dan seru-seruan njoget bikin cepet kenyang hahaha… Dari situ dapat disimpulkan bahwasanya Ndangdut is the music of my country, yang artinya musik ndangdut itu pemersatu semua aliran muda dan tidak muda (ga tega bilang tua) …. *kemudianngaca* 🙁

Selesai dari acara makan malam tadi, kita pun kembali ke hotel untuk beristirahat bagi yang mau beristirahat. Tapi untuk kelompok 2 masih ada beban untuk nggarap materi presentasi. Jeda istirahat cuman dipakai untuk mandi dan sholat setelah itu pukul 9an malam kita berkumpul di lobby, dengan disumbang makanan kecil seperti kacang dan air oleh panitia yang baik hatinya keren sekali. Barulah setelah materi presentasi kelar di kisaran jam 11an, kita baru kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat supaya kuat ketika presentasi di hari terakhir.

***

Pagi itu sangat cerah sekali, dan akupun sarapan dengan buah dan roti saja. Bukan karena sok-sok an sih, tapi karena kesiangan trus gak mood sarapan, aku bisa apa coba ?

Kita semua kemudian dikumpulkan di tempat ketika kita berkumpul di hari pertama, entahlah namanya apa tempatnya, yang jelas yaa itulah tempatnya. Acara dibuka sebentar dan kemudian dilanjutkan dengan presentasi yang dimulai oleh kelompok 1 yang kemudian dilanjutkan oleh kelompok 2. Banyak sekali masukan-masukan dari presentasi kelompok 1 maupun kelompok 2, dan semuanya sifatnya membangun untuk satu tujuan menjadikan sosialisasi 4 pilar di netizen semakin baik dan efeknya bisa memberikan dampak positif untuk anak muda di masa sekarang.

Dari sini, ada kebanggaan tersendiri, ketika para netizen mulai didengar suaranya oleh perwakilan rakyat. Wakil rakyat yang awalnya kita nilai kaku dengan konteks lembaganya, ternyata ada sisi yang lain ketika berhadapan dengan para netizen, yang intinya mereka dari humas MPR RI ini mulai tergerak untuk melibatkan netizen dalam konsep sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Harapan kami sih, humas MPR-RI segera mewujudkan sosialisasi 4 pilarnya ini dengan melibatkan semua unsur penting di berbagai sektor dan semoga para netizen ini bisa membantu dengan versinya masing-masing.

IMG-20151122-WA0059

foto bareng sebelum pulang ke kotanya masing-masing 😀

 

 

 

 

salam 4 pilar !

[H]Yudee

 

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *