Keriaan di LLD 2014

Local Leaders Day 2014 kali ini diadakan di kota Salatiga pada tanggal 7 – 9 Maret 2014 (silakan diingat-ingat waktu acara ini, kali aja LLD kedepan ada pertanyaan yang sama biar dpt doorprize lagi πŸ˜€ ).Β  Dan ini merupakan kali keduanya, aku mengikuti acara LLD tersebut, yang pertama 30 Maret – 1 April 2012 di Cico Bogor, selengkapnya bisa baca di sini.

Kalo dulu sewaktu LLD I, semingguan sebelum acara aku sakit, dan sempet drop juga pas acara di hari H nya πŸ˜€ . Untuk kali ini, alhamdulillah berjalan lancar dengan kondisi tubuh yang sehat, meski sempet drop sehari sebelum hari H πŸ˜€ . Dan bener sih kata orang, kalo yang namanya sehat itu mahal, maka dari itu kita harus bisa menjaga tubuh kita sendiri, tul gak ?

Seminggu sebelum acara, temen-temen @akberSMG sempet kebingungan dengan info yang berubah-rubah soal kedatangan rombongan dari Jakarta, karena @akberSMG mendapat tugas mulia untuk menyambut rombongan tersebut. Mereka awalnya akan turun di Solo tapi akhirnya rombongan tersebut turun di Semarang dan kepulangannya baru melewati Solo. Dan alhamdulillah, semuanya bisa teratasi oleh temen-temen @akberSMG yang di saat itu dikoordinir oleh resywiwied.

Menjelang keberangkatan, kita dari @akberSMG pun berangkat ke lokasi #LLD2014 bareng sama rombongan Jakarta dan kota lain, pukul 5 pagi bus dari stasiun Tawang Semarang meluncur ke Salatiga. Sesampainya di Salatiga masih terbilang pagi, trus transit dulu di rumahnya mbak Ainun dulu.

Banyak sekali keriaan yang terjadi di rumahnya mbak Ainun yang homy banget πŸ™‚ *makasih mbak ai, buat sajiannya pagi itu πŸ˜€ *

Setelah transit, rombongan mulai diantar ke lokasi #LLD2014 di Salib Putih, Salatiga. Di lokasi ini, ketemu ama temen-temen lama yang sekarang tinggal di Jakarta, ada si Didut, Indrayust, mbak Sita dan lain-lainnya.

DSC04904

Semua peserta pun di data, baik dari lokal, kota-kota terdekat sampai kota-kota di berbagai penjuru. Setelah registrasi, tak lama kemudian semua peserta pun masuk ke ruangan untuk pembukaan #LLD2014.

Suasana pembukaan kali itu sangat riuh dengan keriaan para relawan dari segala penjuru. Acara yang dibuka oleh @indrayust yang didaulat sebagai MC #LLD2014, sukses membuat semua tertawa, terutama ketika perkenalan antar akber di setiap kotanya. Setelah perkenalan, mbak Ainun selaku founder Akademi Berbagi memberikan kata sambutannya. Dalam sambutannya, beliau mengutarakan bahwa LLD kali ini tidak semata-mata untuk gerakan Akademi Berbagi, melainkan untuk memperkuat pribadi para relawan itu sendiri. Akademi Berbagi ini tidak akan menjadi kuat dan berkualitas kalau para relawannya terkesan ompong dan tidak mempunyai kepribadian dan ilmu yang mencukupi.

LLD bukan untuk Akademi Berbagi. Tapi untuk relawannya. Saatnya semua relawan memperkuat diri sendiri. Untuk bermanfaaat bagi kotanya.

sambutan selengkapnya bisa dilihat di sini

DSC04912

Dan dalam sambutannya itu, mbak Ainun memutarkan kenangannya tentang relawan Akber yang telah mendahului kita menghadap sang Khaliq, yaitu Weby dan Chikadjati. Mereka berdua merupakan penyemangat Akber di awal-awal perkembangan Akademi Berbagi. Dan perjuangan mereka pun tidak bisa kita anggap remeh, jasa mereka sungguh luar biasa.

Alhamdulillah … Terima kasih Weby … Terima kasih Chikadjati … Terima kasih untuk semangatnya dan terima kasih untuk semuanya yang telah engkau berikan kepada Akademi Berbagi. Semoga engkau tenang di sisi Nya, dan semoga amal ibadah kalian menjadi perisai di alam sana.

Setelah sambutan, kelas pertama yang dihadirkan adalah Internet Sehat yang disampaikan oleh mas DonnyBU. Dalam kelas ini, kita dibekali ilmu tentang berinternet yang sehat dan aman. Beberapa kejadian di dunia maya sebenarnya bisa menjadi bumerang terhadap kita sendiri, maka dari itu kita perlu membentengi diri kita ketika kita memasuki dunia maya dan mulai berinteraksi dengan informasi tanpa batas.

DSC04964 DSC04950

Di hari kedua, para peserta sudah diberitahukan bahwa kelas di hari kedua ini butuh konsentrasi yang lebih tinggi, jadi tidak boleh membawa handphone sekalipun, dan hanya boleh membawa dompet saja. Sebuah himbauan yang bikin sedikit ketakutan dan penasaran juga πŸ˜€ .

Kelas seharian di hari kedua dibina oleh Tiga Pijar, bisa dibilang Tiga Pijar itu sebuah konsultan pemberdayaan kepribadian yang memotivasi pribadi orang untuk menjadi lebih baik terhadap komitmennya πŸ˜€ *imho*

Dalam pelajaran ini kita dilatih untuk bermimpi. Sejauh mana kita bisa bermimpi dan sejauh mana kita akan bisa menggapainya. Apapun yang kita impikan itu merupakan motivasi kita untuk bisa mewujudkannya. Mulai dari gerakan paling kecil dan ringan, sampai akhirnya kita bisa mewujudkannya.

Kita pun diajari bagaimana kita menerjemahkan apa yang ingin kita gapai. Kita pun diajari bagaimana kita bisa bekerja dalam 1 tim untuk memaksimalkan tujuan mimpi kita. Kita pun diajari untuk menjadi kepribadian yang jujur terhadap diri kita masing-masing sebelum mengenal kepribadian orang lain, dan kita pun dilatih menjadi kepribadian yang positif yang menghargai orang lain. Sebuah kelas yang menginspirasi sekali, dan sangat mudah untuk kita aplikasikan dalam kehidupan kita, tinggal kita nya mau atau enggak :p .

DSC04980
selalu berfoto bareng, yang menjadi agenda penting dari para relawan πŸ˜€

Malamnya kita diajak untuk berkumpul di taman belakang, untuk api unggun. Sebelum acara api unggun, semua peserta diminta untuk mengambil nama dalam secarik kertas, yang tujuannya untuk memberikan sesuatu bingkisan kepada nama yang tertera di secarik kertas yang kita ambil.

DSC05001
kamera gak boleh nganggur dan selalu sadar kamera

Keriaan pun terjadi di acara api unggun, dan kebanyakan mereka berkumpul dengan kotanya masing-masing, tak mengapalah karena hal itu tidak mengurangi keakraban malam itu. Dan foto bareng masih menjadi hal yang paling kocak, seperti gak mau melewatkan kamera yang nganggur sekalipun.

Itulah keriaan di #LLD2014. Segala tawa, sedih dan hura-hura menjadi satu paket yang ada di acara tersebut. Bahkan bukan menjadi hal yang baru lagi, kalo semisalnya di LLD kali ini bisa membuahkan romansa LLD dan ada yang jadian atau nemu jodohnya di #LLD2014 πŸ˜€

DSC05099 DSC05105

Oh yaa, di #LLD2014 ini aku sekamar dengan mas Hanief dari Aceh, Banggavan dari Surabaya dan Wika dari Jakarta. Kamarnya pun kali ini menyenangkan, di belakang ada balkon dengan pemandangan hijau dan asri sekali. Cuman sayangnya, sekamar cowok semua …. hahaha …

DSC05194

Tak lupa foto bareng dulu ama orang-orang hebat sekitarku, Nico Wijaya dan super mom mbak Ainun. πŸ˜€ Tokoh-tokoh yang inspiratif dan penyemangat, tapi kadangkala nyengit sih kalo nanya masalah jodoh :))) …

#LLD2014 kali ini berlangsung sukses, dengan mengumpulkan 200 relawan dari 34 kota se-Indonesia dan mengemasnya ke dalam acara yang sangat menyenangkan. Salut buat panitia pusat dan lokal yang menangani event akbarnya Akademi Berbagi.

Alhamdulillah, terima kasih untuk Telkomsel yang mendukung secara total acara #LLD2014 kali ini, dan juga Manulife Financial. Tanpa support dari mereka, akan sulit sekali acara #LLD2014 ini akan terlaksana.

 

DSC05154

Terima kasih Akademi Berbagi karena Berbagi bikin Happy

 

*foto selengkapnya ada di facebook ini

 

 

3 Replies to “Keriaan di LLD 2014”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *