Peran Aktif PT Sido Muncul, Tbk Mempromosikan Potensi Wisata di Rawa Pening

Yang menarik dengan langkah yang dilakukan oleh PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk adalah selalu membuat iklan dengan mempromosikan daerah atau potensi wisata di Indonesia. Dan kali ini adalah Kuku Bima Energi yang merupakan salah satu produk unggulan dari perusahaan jamu tersebut, mengangkat potensi pariwisata Indonesia di Danau Rawa Pening pada hari Rabu 19 Juli 2017.

Kuku Bima Energi
Suasana syuting iklan Kuku Bima Energi

Rawa Pening merupakan Danau alam di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang mempunyai panorama pemandangan yang sangat indah, karena letaknya di kaki Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Danau ini dulunya terkenal lewat sebuah legenda “Naga Baru Klinthing, selain itu danau ini pun merupakan salah satu obyek wisata dan juga untuk mencari ikan.

Danau ini mempunyai luas sekitar 2700 hektar yang sayangnya 70% permukaan danaunya mengalami pendangkalan karena  tertutup oleh enceng gondok. Upaya pembersihan dan pelatihan pemanfaatan enceng gondok pun belum mampu mengurangi tekanan populasi tumbuhan ini. Hingga saat ini, PT. Sido Muncul, Tbk masih melakukan pembersihan enceng gondong dan mengolahnya menjadi energi terbarukan secara mandiri. Dari langkah yang sedang dilakukan oleh PT. Sido Muncul, Tbk ini harapannya juga bisa membuka lowongan kerja bagi siapapun yang mau membersihkan enceng gondok yang kemudian akan tanaman tersebut akan dibeli oleh PT. Sido Muncul, Tbk seperti yang pernah diutarakan disaat kunjungan blogger beberapa bulan yang silam.

Irwan Hidayat Ngobrol dengan Nelayan
Irwan Hidayat bertanya tentang efek setelah berkurangnya enceng gondok kepada nelayan sekitar

Permasalahan mengenai enceng gondok ini sebenarnya bukan hanya terjadi di Rawa Pening saja, melainkan sudah terjadi di beberapa danau di Indonesia, dan sebenarnya danau ini pun mempunyai daya tarik wisata air yang sangat menarik apabila mau diolah secara serius, tentunya melibatkan semua aspek terkait dari swasta, pelaku wisata dan pemerintah. Maka dari itu, PT. Sido Muncul, Tbk memberikan sebuah karya nyata dengan membuat sebuah iklan televisi dengan membangun Rawa Pening menjadi tempat pariwisata dan mengolah enceng gondok menjadi bahan bakar terbarukan, serta menyelamatkan sumber-sumber air untuk menjadi danau-danau wisata di Indonesia.

Irwan Hidayat Sido Muncul
Irwan Hidayat menjelaskan tentang konsep iklan dan suasana sekitar Rawa Pening

“Melalui iklan ini nantinya, diharapkan bisa mendapatkan perhatian dari Pemerintah terkait permasalahan enceng gondok agar segera teratasi, sehingga nantinya danau-danau di Indonesia bisa menjadi destinasi wisata baru bahkan kalau bisa wisata tingkat dunia”, ujar Irwan Hidayat selaku Direktur Sido Muncul, Tbk.

Iklan yang dibintangi ikon Kuku Bima Energi, Adera Rai nantinya akan menceritakan tentang ajakan kepada masyarakat untuk memberikan solusi turun ke lapangan, bekerja nyata mengambil enceng gondok. Dari sini digambarkan bahwa solusi untuk mengatasi pertumbuhan enceng gondok adalah dengan mengolahnya menjadi bahan bakar. Setelah Rawa Pening bersih, harapan mereka bersama laskar Kuku Bima Energi bisa datang ke Rawa Pening untuk berwisata karena danaunya telah bersih dan juga tampungan air di danau tersebut meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *