Piknik Gayeng di Pulau Karimunjawa bareng Mas Gub

:: Goes to Karimunjawa

Rencana keberangkatan ke Pulau Karimun adalah pada hari Jumat, 1 Januari 2016, 06.30. Sengaja, malam tahun baruan, aku di rumah aja dan gak kemana-kemana, biasanya sih keluar rumah buat memotret keriaan setahun sekali tersebut atau sekedar hangout ke tempat-tempat yg ada acara tahun baruan, akan tetapi malam itu tidur di rumah aja biar paginya bisa seger dan bangun pagi.

Dan ndilalah pagi itu keluarga mas Gub ada acara dadakan di Purworejo, so akhirnya keberangkatannya pun ditunda siang harinya.

Siang hari setelah semua berkumpul, kita pun berangkat menuju pelabuhan naik bus rame-rame. Didalam bus, semua tampak bahagia dan ceria, karena akan menuju pulau yang sangat kereeen di Jawa Tengah apalagi bareng orang nomor 1 di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, #AyokeKarimunjawa ! 😀

DSC05842

Pengalaman yang paling seru adalah kita naik diatas kapalnya Badan SAR Nasional (Basarnas) bernama KM SAR Sadewa yang kereen ituh. Aku pikir kita akan naik kapal setara Kartini yang rutin dari Semarang – Karimunjawa, dan ternyata dugaanku keliru. Kapal Basarnas ini pun terbilang canggih dan tertata dengan rapi segala sesuatunya, mulai dari setting interior, tempat kursi yang nyaman, tempat tidur (yang biasanya untuk korban ketika terjadi penyelamatan di laut), letak kamar mandi, TV LED yang cukup menarik dengan sambungan satelit, dan sistem navigasi yang canggih di dalam kapal tersebut. Sepertinya, Pak Ganjar pun sempat terkagum-kagum dengan keadaan kapal yang oke punya nih :D, terlihat ketika masuk ke dalam kapal, beliau dengan seksama menyimak apa yang dijelaskan oleh Pak Agus H (Kepala Kantor SAR Semarang).

Serunya lagi, beberapa orang memilih untuk menikmati kapal di atas dek, sehingga bisa melihat langit dan laut secara terbuka. Akan tetapi kita harus memakai pelampung untuk safety, dan kita pun mengambil pelampung untuk dibagikan ke teman-teman yang berada di lantai atas. Ketika memakai pelampung, ternyata pelampungnya cukup rumit dengan sistem pertalian manualnya, sempet aja aku ditegur ama mas Gub, “Lho tadi gak liat cara pemakaian pelampungnya yaa ? “. Dan aku pun senyam-senyum aja sih, untungnya gak aku aja tapi beberapa wartawan pun juga belum paham memakai pelampungnya. Akhirnya, kita diajarin oleh mas Gub cara memakai pelampungnya hahaha 😀

DSC05843

aktivitas para media dan blogger sebelum kapal berada di tengah laut dan membuat mabuk laut penumpangnya yg berinisial Don (foto paling kanan)

Perjalanan yang akan ditempuh dengan menggunakan KM SAR Sadewa ini memakan waktu 4 jam. Dan selama perjalanan ini, kita pun menyibukkan diri dengan ngemil nasi dan makan cemilan, #eh kamsudnya ngemil jajanan dan makan nasi. Ada juga yang menyibukkan dengan foto-foto selfie, tidur-tiduran atau sambil bercerita dengan rekannya di atas kapal. Dan perlu diingat, selama perjalanan disarankan kita untuk menyibukkan diri atau makan cemilan supaya tidak mabuk laut, karena mabuk laut itu gak seenak mabuk cinta, enelan !!

DSC05847

“Laut wae tak seberangi, po neh atimu…” ~ byoh, 2016




2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *