Sharing foto produk di SMAN 1 Jepara

Akhirnya baru sempet nulis lagi pengalaman sharing (lagi) di SMA N 1 Jepara.

Seperti biasa, panggilan ini sepertinya dadakan. Eeeng, gak dadakan banget sih, cuman kurang dari sebulan kita sudah dikontak untuk sharing lagi tentang dunia fotografi. Tapi, yang menjadi temanya adalah tentang foto produk.

Satu paket tim sharing masih sesuai format tahun sebelumnya, yaitu aku sendiri dan Doni Setiawan yang lebih ahli untuk bidang ini. Sedangkan aku, cuman sebagai pengantar sharing dengan memaparkan materi yang tidak terlalu berat, tapi cukup mendasar untuk langkah selanjutnya ke bidang foto produk.

Pagi itu, kita berangkat pagi-pagi sekali dari Semarang. Dan tentunya, didalam mobil penuh dengan barang-barang properti untuk praktek pemotretan, seperti stereofoam, papan akrilik, tripod, tas kamera dan seisinya. Dalam perjalanan pun kita sempet mengalami kendala, jadi rencana perkiraan kita akan lebih awal sampai ke lokasi, akhirnya hampir telat begitu sampai di lokasi.

Sesampainya di lokasipun, aku sempat berpikir kalo acaranya bakalan santai gak seresmi pas awal dulu, eh ternyata masih juga resmi ada pembukaan segala dari pihak sekolahan :D.

DSC09830
yang motret keren nih, pake teknik framing kursi :)))

Pertama kali adalah pembukaan dari pihak Sekolahan, dan kemudian langsung dilanjut dengan materi yang akan aku bawakan. 😀

Materi yang aku bawakan cukup sederhana sih, dasar-dasar tentang cahaya dan arahnya, tapi judulnya cukup keren lho, Basic Instinct Lighting. Pengertian dasar tentang apa itu fotografi aku sampaikan sebentar sebagai pengantar, bahwa kita memotret itu sebenarnya menggunakan alat dan memanfaatkan cahaya. Dan cahaya tersebut terbagi menjadi 2, yaitu cahaya buatan dan alami. Baru setelah itu menginjak tentang arah-arah cahaya, yang terbagi menjadi front light, side light, top/down light, back light. Satu persatu dibahas, dan interaksinya sangat aktif 😀 yaa jelas dunks, kan simple banget.

DSC09835
udah kayak pembicara beneran belum ?

Yang paling lucu ada di peserta sebenarnya. Sesimple materi itu pun masih ada yang dieeem aja, hmm bisa jadi ada yang ngantuk, karena suaraku yang cukup ngebass karena lagi batuk-batuk 😀

Setelah penyampaian materi dasar banget tadi, selanjutnya masuk ke praktek oleh Doni Setiawan, dan semua alat pun mulai dipersiapkan oleh 2 asistennya.

DSC09860

Ribet memang, untuk memotret sebuah produk kalo sesuai dengan kaidah-kaidah foto produk, karena detail yang perlu diperhatikan dari arah lampu dan jatuhnya bayangan, belum lagi dengan detail untuk logo dan lain sebagainya. Terlihat ketika sedang mempraktekkan cara memotret botol pun, peralatan yang dibutuhkan cukup banyak dan itu pun masih banyak kekurangan untuk hasilnya, seharusnya masih menggunakan alat bantu yang lebih banyak lagi. Akan tetapi, untuk meringkas waktu, maka diberi cara paling sederhana untuk memotret dengan hasil yang hampir mirip dengan kesempurnaan, yaitu dengan memaksimalkan papan akrilik tersebut.

Dan para peserta pun merasa tertarik dengan ilmu baru tersebut. Selain itu, ini merupakan potensi yang sangat bagus untuk dipelajari, melihat kedepannya memotret produk ini bisa menjadi lahan pekerjaan bagi siapapun yang mau belajar dan bekerja di industri fotografi.

Dalam acara ini juga memberi kesempatan untuk para peserta mengeksplor dengan konsep produk sendiri, yang nantinya hasil tersebut harus dipresentasikan dan dinilai langsung oleh Doni Setiawan.

pemenangCukup mengagetkan ketika melihat hasil foto-fotonya. Dengan waktu yang tidak terlalu lama, mereka sudah mulai mahir membuat foto produk dengan stylenya masing-masing. Dijelaskan langsung oleh Doni, juara 1 ini paling pinter mengatur letak produknya dan arah bayangan yang bisa mengesankan produk ini ekslusif dan berdimensi. Untuk juara 2 lebih ke kreatifitasnya berikut dengan juara 3nya.

Acara ini pun kelar di sore harinya, setelah ada pelatihan sebentar untuk editing foto produk. Disini juga dijelaskan, untuk memotret sebuah produk, foto itu harus sudah sempurna terlebih dahulu, sehingga tidak memakan waktu editing yang terlalu banyak.

Seperti biasa, acara ini berakhir dengan foto-foto bareng dan kita pun senang. Senang bisa berkumpul lagi dan berbagi ilmu di SMAN 1 Jepara, semoga apa yang telah kita bagi bisa menjadi manfaat yang positif untuk peserta workshop tersebut. Terima kasih Metafora ! semoga semakin sukses dan bisa menelurkan fotografer-fotografer handal di kota kalian ….

DSC09904

 

salam manis,

[H]Yudee

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *