Sido Muncul Akan Masuk ke Dalam UNWTO Award for Innovation in Enterprises

Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk pada hari Selasa, 5 September 2017 menerima kedatangan dari tim ahli Kementerian Pariwisata. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan bahwasanya PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk akan dinominasikan ke dalam acara yang diselenggarakan oleh UNWTO, yaitu sebuah badan dari PBB yang menangani tentang pariwisata dunia (United Nation of World Tourism Organization).

Nominasi yang akan diajukan untuk PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk adalah UNWTO Award for Innovation in Enterprises. Pertimbangan nominasi ini adalah karena inisiatif yang disampaikan oleh perusahaan Sido Muncul yang aktif mengoperasikan proyek atau menawarkan produk atau layanan yang inovatif di bidang pariwisata. Inovasi ini dapat ditunjukkan melalui aplikasi ramah lingkungan, pertanggungjawaban sosial perusahaan dan kontribusi inovatif lainnya.

“Sidomuncul akan ikut serta dalam kategori inovasi enterprise yang berdampak positif pada pariwisata secara keseluruhan, khususnya dalam hal ini Danau Rawa Pening,” demikian dikatakan Thamrin Bachri – Tenaga Ahli Pemenangan Branding untuk Indonesia (Wonderful Indonesia), dalam kunjungannya ke Sido Muncul, Selasa, 05 Agustus 2017.

Peran Sido Muncul dalam Mengembangkan Potensi Wisata di Danau Rawa Pening

Saat ini, PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk sedang gencar-gencarnya untuk mengangkat potensi yang ada di Danau Rawa Pening tersebut. Hanya sayangnya, Danau tersebut sebelumnya mengalami permasalahan yang sangat besar, yaitu pertumbuhan enceng gondok yang mengikis perairan di danau tersebut. Bayangkan saja, luas danau tersebut mencapai 2700 hektar dan sebagian besar tertutupi oleh enceng gondok.

bpk Irwan Hidayat mempresentasikan potensi Danau Rawa Pening

Dalam penjelasannya, Bp Irwan menjelaskan juga mengenai pemanfaatan enceng gondok untuk kebutuhan industri, yaitu dengan mengolahnya dengan menjadikan sebuah energi baru yang ramah lingkungan.  Sehingga ketika penghalang (enceng gondok) mulai berkurang, maka potensi wisata di danau Rawa Pening bisa makin dikembangkan sebagai tempat wisata air. Tidak berhenti dari situ, ketika tempat wisata tersebut nantinya mulai dikenal karena potensi wisatanya, maka masyarakat sekitar akan bisa terlibat didalamnya dengan kata lain akan ada lapangan pekerjaan baru. Selain itu, goal yang paling penting lagi adalah “value of land” di daerah tersebut juga akan meningkat.

“Enceng gondok Rawa Pening harus hilang terlebih dahulu, lalu wisata wisatanya menjadi maju, investor masuk dan kemudian lapangan kerja tumbuh, kerusakan lingkungan di hulu sungai melambat dan sedimentasi rawa juga melambat. Rawa Pening sangat berharga, masa depannya menyelamatkan sumber air dan juga menyejahterakan masyarakat,” kata Irwan Hidayat.

Dukungan Sido Muncul terhadap dunia pariwisata memang tidak bisa diragukan lagi, ini terbukti dengan beberapa iklan produknya yang selalu mengangkat daerah-daerah wisata potensial sejak tahun 2010, iklan pariwisata pertama di Irian dengan mengangkat musik daerah berjudul Sajojo, Sumba Barat, Sumatera Utara dengan mengangkat lagu daerah Lisoi, Maluku dengan mengangkat Kato Samua Basodara, Labuan Bajo dengan mengangkat musik Kolam Susu, Kalimantan, Bali dengan tema Laskar Mandiri, Jawa Tengah, Semarang yang mengangkat latar belakang ragam budaya dan tempat asal Sido Muncul, Jogja yang Istimewa serta beberapa versi iklan wisata yang lainnya. Selain dengan pembuatan iklan wisata tersebut, bentuk dukungan yang lain adalah dengan pencantuman branding pariwisata nasional yaitu Pesona Indonesia, dengan mencantumkan logo Pesona Indonesia di semua produk Sido Muncul.

Ini semua merupakan imajinasi dari seorang Irwan Hidayat sejak 2006, yang menyebutkan bahwa Indonesia ini harus hidup dari pariwisata, karena pariwisata ini bisa melibatkan banyak orang. “Indonesia gak mungkin kalau tidak bisa hidup dari pariwisata, garis pantainya hebat dan harusnya bisa lebih bagus dari beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand.” ujar Irwan Hidayat.

 

One Reply to “Sido Muncul Akan Masuk ke Dalam UNWTO Award for Innovation in Enterprises”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *