Sinergi Penerapan Ilmu dan Teknologi Sido Muncul dan UMJ

Paling menyenangkan itu yaa kalau liputan di tempat yang menarik dan asik. Seperti kemarin Kamis 30 Maret 2017, aku dan beberapa teman diajakin untuk main sekaligus liputan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Sidomuncul dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Hmm… sepertinya menarik.

Kunjungan kali ini kita bertiga yaitu aku, Gita dan Sofyan menuju lokasi pabrik Sidomuncul bareng-bareng dengan meeting point sebelum keberangkatan di kampusnya Gita yaitu USM (Universitas Semarang).

Sesampainya di lokasi pabrik Sido Muncul, acara pertama adalah pengenalan tentang pabrik itu sendiri. Para rombongan dari UMJ disambut oleh Pak Bambang yang sekaligus menjadi guide selama mengunjungi beberapa bagian dari pabrik Sido Muncul.

Para rombongan dari UMJ melihat secara langsung proses pembuatan jamu didampingi oleh Pak Bambang (kanan – seragam oren hijau)

Pada saat mengunjungi laboratorium, Pak Irwan Hidayat selaku Direktur Sido Muncul turut menjelaskan tentang teknologi yang saat ini digunakan oleh Sido Muncul.

Bp Irwan Hidayat ditengah-tengah rombongan UMJ, menjelaskan tentang kegiatan lab SidoMuncul yg canggih.

Dalam penjelasannya, beliau sempat bercerita tentang kelebihan jamu-jamu yang diproduksi di Sido Muncul ini mempunyai kualitas unggulan. Ini dikarenakan sebelum diproduksi, produk jamu tersebut harus lolos uji laboratorium. Selain itu, dari laboratorium itu sendiri pun selalu berinovasi terus menerus untuk mengembangkan produk-produk jamu terbaru. Jadi jangan heran, kalau ternyata Sido Muncul ini telah memproduksi sekitar 300an produk lho.

Setelah melihat secara detail proses pembuatan jamu dan uji lab tadi, pada hari itu juga akan diadakan penandatangan nota kesepahaman antara PT Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul, Tbk dengan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Nota kesepahaman yang berlaku selama jangka waktu 3 tahun ini berkaitan dengan kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan adanya kerjasama ini, harapan untuk UMJ bisa mengembangkan kurikulum herbal Fakultas Kedokteran dan Kesehatan.

Adanya kerjasama UMJ dan Sido Muncul ini diharapkan bisa menjembatani antara dunia pendidikan dan dunia industri agar seiring dan sejalan bersinergi dalam penerapan ilmu dan teknologi untuk peningkatan kesehatan masyarakat“, ujar Pak Irwan Hidayat di sela-sela wawancara dengan para media tv dan online.

Life is Sharing“, ungkapan tersebut seringkali terlontar oleh Pak Irwan Hidayat, bahwa dalam kehidupan ini perlu yang namanya berbagi, apalagi berbagi pengetahuan atau ilmu. Karena ilmu kalau disimpan akan tidak ada gunanya buat orang lain, untuk itu kalau bisa berbagi pengetahuan pasti akan mempunyai manfaat bagi orang lain. Itulah salah satu tujuan Sido Muncul mendukung dunia pendidikan pada jaman sekarang ini.

Nah, untuk melihat secara detail liputannya, silakan mampir ke channel youtube yaa 🙂

4 Replies to “Sinergi Penerapan Ilmu dan Teknologi Sido Muncul dan UMJ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *