Tips Berlibur di Solo Dan Menginap di Hotel Asia Solo

Solo adalah salah satu kota di Indonesia yang cukup unik. Meskipun terbilang kecil, Kota Solo menawarkan daya tarik yang tidak biasa. Bagi kamu penikmat kegiatan traveling, Solo seharusnya masuk dalam daftarmu.

Kota yang terletak di wilayah Jawa Tengah ini cukup mudah dijangkau karena akses transportasi cukup mudah. Akomodasinya juga cukup lengkap. Ada berbagai hotel berkualitas seperti Hotel Asia Solo, Atina Graha Hotel, Kusuma Sahid Prince Hotel, dan sebagainya di kota ini.

Orang-orang yang baru berkunjung ke Kota Solo mungkin akan kesulitan menikmati keindahan kota ini.

Nah, Supaya liburan ke Solo lancar dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

 

Kenali Jenis Transportasi yang Bisa Menjangkau Solo 

Solo terbilang kota yang sudah cukup modern. Ada banyak jenis transportasi yang bisa kamu pergunakan untuk mencapai kota ini. Jika memilih tranportasi udara, kamu akan mendarat di Bandar Udara Adi Sumarmo. Bandara ini sudah berlevel internasional sehingga Anda tidak perlu khawatir soal fasilitas dan kenyamanannya.

Jika memilih transportasi kereta api, kamu bisa menggunakan kereta api Argo Dwipangga, Bima, Argo Lawu, Gajayana, dan beberapa kereta api lain. Di Solo terdapat beberapa stasiun, seperti Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Jebres.

Pilihan lain adalah berangkat dari Kota Yogyakarta dengan menumpang kereta api Prameks. Ini adalah alat transportasi murah yang cukup populer di kalangan orang Solo dan Yogyakarta.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bus dan berhenti di Terminal Tirtonadi, Terminal Palur, atau Terminal Kartasura. Semua jenis transportasi ini adalah pilihan yang akan memudahkan kamu saat mengunjungi Solo.

Bagaimana dengan transportasi di dalam kota? Kamu bisa mengandalkan Batik Solo Trans, taksi, atau becak.

 

Kenali Objek Wisata yang Akan Kamu Kunjungi

Bagi sebagian orang, Solo mungkin terlihat kurang menarik. Namun, jika kamu berani bereksplorasi, sebenarnya ada berbagai pilihan tempat wisata tersembunyi di daerah ini. Contohnya, kamu bisa berkunjung ke Candi Cetho dan Candi Sukuh, dua dari beberapa candi yang ada di area ini.

Ada pula tempat bersantai dan biasa dijadikan sebagai ruang publik, yaitu Taman Balekambang. Di tempat ini, kamu bisa menemui beberapa rusa yang hidup secara bebas. Taman Balekambang terletak di Jl. Ahmad Yani dan hanya sekitar 1,4 km dari Graha Saba Buana.

Nah, jika kebetulan menginap di Hotel Asia Solo, kamu juga bisa berkunjung ke Pura Mangkunegaran karena jaraknya yang berdekatan.

 

Kenali Kuliner yang Bisa Kamu Nikmati

Ada cukup banyak tempat makan yang menjual kuliner enak di Solo. Bukan hanya makanan bercita rasa manis saja, di Solo ada pula variasi makanan lain. Contohnya adalah kuliner seperti brambang asem, nasi tumpang, lenjongan, tengkleng, sego liwet, salad solo, dan es dawet telasih.

Jangan lupa, ada pula panganan kecil yang sangat terkenal berasal dari Solo, yaitu serabi. Kamu bahkan bisa berkunjung langsung ke pusat pembuatan serabi dan bisa mencicipi penganan khas Solo ini dalam keadaan hangat. Serabi yang paling terkenal di Solo adalah Serabi Notosuman.

Jika kamu ingin menikmati berbagai kuliner lengkap di satu tempat, berkunjunglah ke Galabo atau Gladag Langen Bogan. Ini adalah gudang berbagai jenis kuliner tradisional Solo.

 

Berbelanja Batik? Banyak Tempatnya

Batik dari Solo cukup terkenal. Kamu bisa menemukan beragam motif batik di tempat ini dengan rentang harga yang cukup lebar. Ada yang murah, ada pula yang mahal. Semua itu tentu bergantung pada kualitas dan eklusivitas batik tersebut di mata pembeli.

Kamu bisa berkunjung ke Pasar Klewer untuk membeli batik. Pilihan lain adalah berkunjung ke Kampung Batik Laweyan dan Kauman. Di sini, Kamu bisa langsung bertemu dengan para perajin batik dan membeli batik berkualitas.

Selain untuk dipergunakan sendiri, batik-batik ini juga bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga yang ada di rumah. Berbagai model pakaian yang modern dan trendi juga bisa kamu temukan di sentra-sentra penjualan batik tersebut.

Selain batik, ada beberapa jenis oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang, antara lain ampyang jahe, intip, keripik bayem, dan sebagainya.

 

Memesan Penginapan

Meskipun tidak sebesar Jakarta atau kota-kota besar lain, kamu tidak akan mengalami kesulitan tatkala mencari penginapan di tempat ini. Ada banyak hotel-hotel berkualitas dan nyaman yang bisa direkomendasikan untuk itu.

Salah satu di antaranya adalah Hotel Asia Solo yang bisa dipesan via Traveloka. Hotel bintang tiga ini terletak di Jl. Monginsidi No.1. Dari Stasiun Balapan, hotel ini tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 km.

Ada lima tipe kamar yang tersedia di hotel ini sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Hotel ini juga dilengkapi dengan kolam renang outdoor dan berbagai fasilitas lainnya, termasuk aksebilitas untuk penyandang disabilitas.

Nah, tunggu apa lagi. Ayo berkunjung ke Solo sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *